Cara Cepat Membuat Database dan Tabel Dengan phpMyAdmin

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم






Cara Cepat Membuat Database dan Tabel Dengan phpMyAdmin - Saat ini membuat database MySQL tidak perlu menggunakan cara manual lagi dengan mengetikkan perintah-perintah SQL di prompt, karena sekarang sudah banyak tool-tool visual yang membantu kita untuk membuat database dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah tool phpMyAdmin.

Langsung saja, mari kita praktekkan membuat database dan tabel di phpMyAdmin, ikuti langkah-langkah beikut:

1. Buka browser Anda, lalu ketik http://localhost/phpmyadmin/, maka akan tampil halaman
utama phpMyAdmin.





2. Untuk membuat database klik Database di halaman utama phpMyAdmin, maka akan tampil daftar database yang ada di MySQL, silahkan isi nama database pada bagian Create Database, misalnya belajar lalu klik tombol Create.




3. Maka akan terbentuk sebuah database baru dengan nama belajar yang bisa anda lihat didaftar database da juga di jendela bagian kiri phpMyAdmin.


4. Selanjutnya kita akan membuat tabel tamu didalam database belajar, klik nama database, yaitu belajar (lihat gambar diatas), maka akan tampil halaman pembuatan tabel, misalnya isikan pada bagian Name: tamu dan Number of columns: 4, lalu klik tombol Go.


5. Silahkan isi Name masing-masing field, Type, dan Length. Khusus field kunci, dalam hal ini id_tamu, pilih Index: PRIMARY dan centang pada bagian A_I (Auto Increment). Dan terakhir, pastikan Storage Engine: MyIsam, lalu klik tombol Save.


Kalau berhasil disimpan, maka akan terbentuk sebuah tabel baru bernama tamu di database belajar.



Keterangan:

Tipe-tipe data yang sering digunakan dalam sebuah tabel adalah:
  • INT, data berupa angka.
  • VARCHAR, data berupa karakter (batasnya sampai 255 karakter).
  • DATE, untuk menyatakan data berupa tanggal.
  • TIME, untuk menyatakan data berupa waktu.
  • TEXT, data berupa karakter dalam jumlah yang banyak (lebih dari 255 karakter), misalnnya untuk isi berita dan pesan
  • ENUM, data berupa nilai yang sudah di tentukan isinya, misalnya L (Laki-Laki) dan P (Perempuan), jadi datanya bisa di isi L dan P saja.

 Sekian dari tutorial Cara Cepat Membuat Database dan Tabel Dengan phpMyAdmin apabila ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment